Rabu, 19 Oktober 2016

Samsung Siapkan Prosesor Berteknologi FinFET 10 Nanometer



PT Bestprofit Futures Medan

Samsung secara resmi mengumumkan bahwa mereka tengah memproduksi secara massal prosesor system-on-chip (SoC) dengan ukuran transistor 10 nanometer. Prosesor ini menggunakan struktur transistor 3D yang dikenal dengan sebutan FinFET. Menurut Samsung, ini merupakan teknologi yang digunakan dalam pembuatan prosesor mutakhir milik mereka.

Teknologi FinFet ini diklaim memiliki struktur dan desain yang lebih efisien yang mampu menghasilkan tenaga 27 persen lebih besar serta konsumsi daya 40 persen lebih efisien dibanding prosesor generasi sebelumnya yang memiliki ukuran transistor 14 nanometer.

Sebagai gambaran, transistor 10 nanometer ini “hanya” berukuran lima puluh kali lipat lebih besar dari molekul atom silikon yang berukuran 0,2 nanometer. Meskipun sejak lama telah diprediksi oleh hukum Moore, ini merupakan sebuah pencapaian yang gemilang dalam sejarah perkembangan transistor dan semikonduktor.
Produksi massal untuk apa?



Pengumuman Samsung tidak secara rinci menjelaskan tujuan dari pembuatan teknologi prosesor terbaru ini. Perusahaan ini hanya menyebut ketersedian produk untuk mendukung perangkat digital di tahun 2017 mendatang. Samsung sendiri menyebut produk besutannya itu sebagai yang pertama diproduksi secara massal di industri. Pesaingnya, Intel, pun tak mau kalah. Kini Intel sedang mempersiapkan cip serupa yang bakal dirilis di tahun 2017 juga.

Sebuah kabar mengatakan bahwa teknologi prosesor tersebut akan digunakan oleh Qualcomm dalam memproduksi prosesor flagship miliknya yaitu Snapdragon 830. Samsung bakal menggunakan prosesor tersebut di smartphone Galaxy S8 yang akan rilis tahun 2017 mendatang.

Kabar tersebut lebih lanjut mengatakan bahwa Galaxy S8 hanya akan mengusung perangkat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon, tidak seperti perangkat terdahulunya yang memiliki dua jenis varian, versi Snapdragon dan versi Exynos, prosesor buatan mereka sendiri.

Jika kabar tersebut benar, maka kita akan bisa merasakan performa smartphone Galaxy S8 yang lebih kencang dan lebih hemat daya dari pendahulunya, Galaxy S7. Mari kita tunggu peluncuran resminya. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : id.techinasia

Bestprofit Futures Medan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar