Selasa, 21 November 2017

Kisah Perang: Saat Uni Soviet Mencuri Jet Tempur AS di Perang Korea

Tiga jet F-86 Sabre membentuk formasi dalam Perang Korea pada 1953.

PT BESTPROFIT FUTURES MEDAN

BESTPROFIT - Dalam Perang Korea (1950-1953), Amerika Serikat bersekutu dengan Korea Selatan memerangi Korea Utara yang disokong Uni Soviet dan China.

Dalam perang ini, sejumlah mesin perang terbaru ikut ambil bagian salah satunya adalah jet tempur F-86 Sabre atau disebut Sabrejet milik AS.

Sementara di sisi yang berlawanan, Korea Utara menggunakan jet tempur buatan Uni Soviet MiG-15. 

Kedua pihak sama-sama ingin tahu kekuatan dan kelemahan masing-masing pesawat tempur. Itulah yang mendorong Uni Soviet memutuskan untuk mencuri sebuah F-86 Sabre.

Amerika Serikat mulai menggunakan F-86 Sabre pada 1949. Sayap pesawat ini dirancang untuk membuatnya mampu mencapai kecepatan suara. BEST PROFIT

Dengan kemampuan terbangnya yang luar biasa ini, F-86 segera menjadi tulang punggung dalam pertempuran udara dalam Perang Korea, meski jenis-jenis pesawat dengan sayap tegak seperti F-80 dan F-84 masih digunakan.

Lalu, semua berubah ketika pada 1 November 1950, ketika Uni Soviet merespon kehadiran F-86 Sabre dengan jet terbarunya MiG-15.

Kedua pesawat ini amat mirip dalam hal rancangan, terutama bentuk sayapnya yang agak miring untuk membantu mencapai kecepatan suara. Namun, setiap pesawat memiliki kesepakatan dan kelemahan. PT BESTPROFIT

Sabre bisa mencapai kecepatan 1.100 kilometer per jam, kemudian bisa berguling, berbelok, dan menukik dengan kecepatan tinggi. Selain itu, Sabre memiliki desain yang secara aerodinamik lebih stabil.

Hal terpenting adalah, Sabre dilengkapi dengan radar AN/APG-30 yang berguna bagi pilot untuk mengarahkan senapan mesin kaliber 50 milimeter dengan lebih akurat.

MiG-15 juga bisa terbang dengan kecepatan yang hampir sama, tetapi lebih baik dalam hal akselerasi, terbang menanjak, bisa terbang lebih tinggi, dan lebih lincah bermanuver.

Namun, untuk persenjataan MiG-15 tak seakurat Sabre tetapi pesawat Uni Soviet ini dipersenjatai dengan dua senapan mesin kaliber 23 milimeter dan satu meriam 37 milimeter. PT BEST PROFIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar