Jumat, 15 September 2017

Monster Laut Purba Baru Ditemukan, Disebut "Hiu Godzilla"

PT BESTPROFIT FUTURES MEDAN

KOMPAS.com — John Paul Hodnett, seorang paleontolog dari Northern Arizona University dan New Mexico Museum of Natural History and Science berhasil mengungkap adanya monster purba yang hidup 300.000 tahun lalu di lautan.


Monster laut yang merupakan salah satu jenis hiu purba itu ditemukan di pegunungan Monzano, sebelah timur Albuquerque, New Mexico. Hodnett pertama kali menemukan ujung hidung hiu itu yang tertancap pada sebuah batu sebelum kemudian menggalinya.

Hodnet dan tim peneliti yang terlibat penemuan menyebut jenis hiu purba itu sebagai "hiu godzilla". "Kami menyebutnya demikian karena karakteristik fisiknya," katanya seperti dikutip Discovery.

Beberapa karakteristik yang menyerupai godzilla, menurut peneliti, adalah gigi yang pendek dan tajam, tulang sirip punggung yang lebih besar dari bagian tubuh lainnya, kulit tubuh yang kasar menyerupai reptil, serta ukurannya yang sangat besar.

"Rata-rata ikan yang ditemukan di lokasi penemuan berukuran 7 inci. Fosil hiu terbesar yang pernah ditemukan sebelumnya hanya 1,5 kaki. Hiu godzilla yang ditemukan berukuran 7-9 kaki dan akan meneror makhluk-makhluk kecil di sekitarnya," kata Hodnett.

Analisis dengan CT Scan mengungkap bahwa hiu godzilla ini punya wajah yang tak kalah aneh. Bagaimana tidak, spesies ini memiliki gigi di bibir. Gigi di dalam mulut tetap ada, tetapi jenis ini memiliki gigi ekstra di luarnya.

Apa gunanya? Hodnett mengatakan, tak seperti hiu modern yang bisa langsung memangsa dengan membuka mulut, jenis hiu purba ini harus mendorong rahangnya ke arah mangsa terlebih dahulu sebelum memakannya.

"Jadi memiliki gigi di bibir mungkin membantu memegang dan mengamankan mangsa sebelum membunuhnya. Sederhananya, gigi ekstra di luar mulut hiu godzilla memberi kemampuan menggigit yang lebih baik dengan rahang yang dimilikinya," urai Hodnett.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar