Kamis, 20 Juli 2017

Rawa Pening dan Kisah Baru Klinting yang Melegenda

Rawa Pening dan Kisah Baru Klinting yang Melegenda

PT BESTPROFIT FUTURES MEDAN

BANYAK tempat wisata di Indonesia yang dilahirkan dari sebuah legenda. Salah satunya adalah Danau Rawa Pening yang ada di Semarang, Jawa Tengah.

Rawa Pening adalah sebuah danau alam seluas 2.670 hektare. Danau ini menempati 4 kecamatan di Semarang, yakni Kecamatan Ambarawa,
Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Letaknya berada di lembah di antara Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Di beberapa bagian danau ini permukaannya ditutupi oleh eceng gondok. Danau ini juga dimanfaatkan warga sekitar untuk mencari nafkah.

Namun sebelum Rawa Pening seperti sekarang, ada sebuah legenda yang menyertai hingga saat ini. Sebuah kisah tentang Baru Klinting, seorang anak yang bau amis dan warga desa yang angkuh.

Kisah ini dimulai ketika seorang wanita di Desa Ngasem, bernama Endang Sawitri melahirkan bayi. Namun bukan manusia yang dia lahirkan, melainkan seekor bayi naga yang kemudian diberi nama Baru Klinting.


Ketika besar, bayi naga itu pun bertanya kepada ibunya apakah dia memiliki ayah. Endang Sawitri menjawabnya dengan jujur bahwa ayah dari anaknya sedang bertapa di Gunung Telomoyo. Ia pun kemudian meminta Baru Klinting untuk menemui ayahnya sambil membawa tombak bernama Baru Klinting milik ayahnya sebagai bukti bahwa dia memang anaknya.

Sesampainya di lereng Gunung Telomoyo, Baru Klinting pun bertemu ayahnya. Lalu sang ayah meminta Baru Klinting bertapa di Bukit Tugur agar tubuhnya berubah menjadi manusia.


Namun saat Baru Klinting bertapa di Bukit Tugur, penduduk Desa Pathok mencacah tubuhnya karena belum menemukan binatang yang dicari sebagai santapan dalam sebuah pesta panen. Saat tubuh Baru Klinting disiapkan sebagai santapan untuk pesta rakyat, arwah Baru Klinting menjelma menjadi seorang anak buruk rupa dan bau amis.

Bestprofit     PT Bestprofit     Best Profit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar