Selasa, 01 November 2016

Hendak Makan Buah, Baiknya Sebelum atau Sesudah Makan Berat?


PT Best Profit Futures Medan


Jakarta, Buah merupakan salah satu pilihan asupan sehat yang bisa dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan serat. Nah, baiknya buah dikonsumsi sebelum atau sesudah makan ya?

"Tidak ada ketentuan khusus mengenai konsumsi buah sebelum atau sesuadah makan. Buah sendiri sebenarnya bagian dari makanan tetapi kaya akan serat," ujar konsultan saluran cerna di RS Cipto Mangunkusumo, DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB kepada detikHealth.

Ia melanjutkan, jika buah dikonsumsi sebelum makan tentu akan membuat sebagian lambung sudah terisi. Pada akhirnya, jumlah makanan yang dikonsumsi selanjutnya tentu berkurang.


Sebaliknya, jika Anda memilih untuk mengonsumsi buah sesudah makan, maka juga harus memperhitungkan jumlah makanan yang dikonsumsi sehingga masih ada ruang di lambung untuk buah. Tidak ada hubungannya kejadian kanker dengan mengosumsi buah sebelum atau sesudah makan.

Meskipun tidak ada aturan khusus, dr Ari menyebutkan bahwa lebih baik konsumsilah buah sebelum makan berat. Ini supaya konsumsi serat yang masuk ke dalam tubuh tetap sesuai dengan yang dibutuhkan.

"Hal ini juga dianjurkan untuk orang-orang yang gemuk dan mau mengontrol berat badannya," tutur dr Ari. PT Best Profit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com

Bestprofit Futures Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar