Rabu, 22 Februari 2017

Cerita Perempuan yang Badannya Selalu Bau Ikan Meski Sudah Mandi

Best Profit Futures Medan

Oldham, Inggris, Ketika ada seseorang yang badannya bau, mungkin ia disangka jarang mandi. Tapi ada lho orang yang terus saja mengalami bau badan meski sudah mandi. Hal ini seperti dialami oleh Kelly Fidoe-White.

Tentu tidak mudah menjalani hari-hari di mana tubuh kita tercium tidak menyenangkan oleh orang lain. Harus menghadapi kata-kata tajam dan tatapan jijik. 

Kondisi itu sudah dialami perempuan berusia 36 tahun ini sejak kecil. Hal itu menyebabkan dia menghadapi bullying dan akhirnya membuatnya mengalami gangguan kecemasan. Demikian dikutip dari Daily Mail.

Untuk menghilangkan bau badan, Kelly sudah mandi empat kali sehari, mengganti seragamnya sampai dua kali, juga menggunakan deodoran sesering mungkin. Bahkan saat mandi, Kelly sampai menggosok-gosok kulitnya dengan putus asa. Apa hasilnya? Bau seperti campuran amis ikan dan bawang yang tidak menyenangkan itu masih saja tercium dari tubuhnya.

Saat kecil, Kelly sudah menemui dokter untuk mencari tahu apa yang terjadi padanya. Namun diagnosis tepat baru didapatnya pada tahun 2015. Demikian dikutip dari Daily Mail.

Apa yang terjadi pada Kelly? Rupanya dia mengalami sindrom bau ikan atau Trimethylaminuria (TMAU). Ini merupakan gangguan genetik langka yang terjadi karena pancaran senyawa trimetilamina (TMA) yang berlebihan.

Saat ini, Kelly bekerja di rumah sakit. Mempertimbangkan kondisinya, dia pun berbicara dengan pihak manajemen agar menempatkannya bekerja shift malam. Baginya dengan bekerja di waktu malam, akan membuatnya lebih terbuka dan jujur akan kondisinya pada rekan-rekan kerjanya.

"Ini keputusan saya. Manajemen membantu menangani diagnosis saya dengan konseling, penilaian kesehatan kerja, dan lain-lain. Saya mencintai pekerjaan saya, juga staf dan pasien," ujar Kelly dikutip dari lama Facebook-nya.

Hal-hal yang menyenangkan di tempatnya bekerjalah yang membuat Kelly memiliki alasan untuk bangkit, tidak mengurung diri saja di rumah lantaran bau badannya yang tidak sedap.

Kelly juga bersyukur memiliki suami yang mau menerima dirinya apa adanya dan membantunya menghadapi kondisi yang dialaminya saat ini.

Dari kondisi yang dialami Kelly belajar bahwa kulitnya akan bereaksi jika dirinya mandi terlalu sering dan berlebihan menggunakan deodoran. Akibatnya, bau badan yang keluar akan lebih kuat tercium. Untuk itu kini Kelly menggunakan sabun untuk kulit sensitif dan minum obat secara teratur untuk membantu meningkatkan kemampuan tubuhnya untuk memecah kolin.

Ya, TMA diproduksi saat seseorang mencerna makanan yang kaya akan kolin. Biasanya kandungan ini terdapat pada ikan laut, telur, hati dan kacang-kacangan tertentu seperti kedelai.

Paul M Wise, seorang peneliti di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia menyebut seseorang yang mengalami gangguan ini mewarisi mutasi gen FMO3 dari kedua orang tuanya. Untuk orang yang memiliki masalah trimethylaminuria, Wise menyarankan agar menjaga pola makannya. Di mana sebaiknya orang dengan trimethylaminuria menghindari makanan yang kaya kolin. Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar