Jumat, 23 September 2016

Google Rilis Aplikasi Pesan Allo dengan Kecerdasan Buatan


PT Bestprofit Futures Medan

- Jakarta, CNN Indonesia -- Alphabet, perusahaan induk Google, resmi meluncurkan aplikasi pesan instan bernama Allo. Google memasang fitur chatbot yang dibenamkan kecerdasan buatan untuk meningkatkan performanya secara otomatis.

Chatbot milik Allo disokong program Google Assistant, sebuah program asisten virtual seperti Siri di perangkat Apple. Cukup mengetik "@google", pengguna bisa memerintahkan apa pun pada bot. 

"Makin sering kita menggunakannya, kemampuan bot makin berkembang," ungkap Amit Fulay, manajer produk Google dalam blog resmi perusahaan.

Dalam ilustrasi yang ditampilkan Allo di Play Store, chatbot Google bisa menampilkan rekomendasi restoran Italia terdekat cukup dengan mengetik kata kunci sederhana "restoran Italia terdekat."


Fitur lain yang menjadi andalan Allo adalah "Smart Reply". Fitur ini lebih seperti jawaban template dengan sekali sentuh. Jika seorang teman mengirim sebauh gambar, fitur ini dapat mengidentifikasinya dan menawarkan jawaban yang relevan.

Misal, jika seorang teman mengirim foto makanan pizza, maka Allo bisa mendeteksi gambar dalam foto itu lalu secara otomatis mengirim teks balasan berupa: “yummy” atau “I love pizza.” Hal ini didasarkan pada kebiasaan pengguna menanggapi pesan.

Satu hal penting dari Allo adalah kemampuan end-to-end encryption yang dibuat Google sebagai opsi. Berbeda dengan Telegram dan WhatsApp yang telah menerapkan kode enkripsi sebagai perlindungan dasar privasi penggunanya, enkripsi di Allo justru baru bisa dilakukan jika masuk ke modus "incognito."
Lalu apalagi yang ditawarkan raksasa Google di aplikasi ini? Pengguna Allo nantinya bisa mengubah ukuran teks dan emoji sesuka hati hanya dengan menggeser tombol "send" ke atas-bawah. Pengguna Allo juga bisa memakai fitur "melukis" untuk menghias foto yang akan mereka kirim.

Pertama kali diperkenalkan pada Mei lalu bersama Google Duo, Allo akan menjadi penantang baru dalam kompetisi aplikasi pesan instan yang telah ada seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Line, dan Telegram. Meski telah resmi diluncurkan, saat ini pengguna di Indonesia belum bisa mengunduh Allo dari Google Play Store maupun Apple App Store. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : cnnindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar