Kamis, 08 November 2018

Kasus Penipuan Pelanggan Bikin Telkomsel Hadirkan Fitur Keamanan Baru

Foto: Ari Saputra/detikcom

PT BESTPROFIT FUTURES MEDAN

BESTPROFIT - Telkomsel berencana untuk mengubah kode verifikasi One Time Password (OTP) dengan magic link dan biometrik untuk login ke MyTelkomsel. Hal ini tak terlepas dari maraknya kasus penipuan yang pelaku meminta korban untuk menyerahkan OTP.

Sebagai informasi, OTP ini berupa informasi kata kunci yang diterima pengguna untuk mengakses akun atau aplikasi tertentu. Biasanya OTP ini diberikan melalui SMS yang hanya bisa digunakan dalam jangka waktu pendek. BEST PROFIT

"Pada saat login ke MyTelkomsel itu dibutuhkan OTP. Nanti, nggak pakai OTP lagi tapi menjadi magic link dan biometrik sebagai kode verifikasi," ujar Vice President Digital Experience & Business Insight Telkomsel Tuty R. Afriza di Jakarta. PT BESTPROFIT

Magic link yang berupa link khusus ini akan jadi jalur masuk bagi pelanggan yang ingin mengakses MyTelkomsel. Kelebihan dari fitur keamanan ini hanya bisa diakses oleh penerima saja. "Kalau di-forward, magic link ini tidak akan berfungsi," ucap Tuty. PT BEST PROFIT

Sementara itu, login dengan biometrik jadi fitur keamanan lainnya yang akan dihadirkan oleh Telkomsel. Pelanggan dapat menggunakan fitur ini sebagai alternatif masuk ke MyTelkomsel. Sayangnya, tak disebutkan secara detail anggota tubuh bagian mana yang akan dijadikan biometrik tersebut oleh Telkomsel. BESTPROFIT FUTURES

"Segera dalam waktu dekat," janji Tuty mengenai kapan dua fitur keamanan MyTelkomsel itu akan dirilis. BEST PROFIT FUTURES

Telkomsel menyebutkan bahwa kasus penipuan pelaku meminta korban menyerahkan OTP ini jadi yang paling banyak. Meski tak mengungkapkan angka spesifiknya berapa modus penipuan OTP ini, Telkomsel hanya menyampaikan kalau sepanjang tahun ini ada 13 ribu laporan penipuan yang dikeluhkan oleh pelanggan. PT BESTPROFIT FUTURES

Untuk saat ini, apabila ada pelanggan yang merasa login aplikasi MyTelkomsel di perangkat tak dikenal, dapat menempuh jalur dengan menghubungi *323*20#. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi melalui SMS dan secara otomatis ter-logout dari semua akses MyTelkomsel. PT BEST PROFIT FUTURES

Jika terjadi penipuan, pelanggan dapat memanfaatkan layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188, mengirimkan SMS pengaduan ke nomor 1166 seara gratis dengan format Penipuan#NO. MSISDN Penipu#Isi SMS Penipuan. BESTPRO

Selain itu, bisa menghubungi chatting dengan asisten virtual di Line, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel, email cs@telkomsel.co.id, atau melalui akun Facebook dan Twitter Telkomsel.

Dalam kesempatan ini, anak operator plat merah ini menyampaikan segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk ataupun promosi berhasil, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitaan resmi, seperti surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI, atau call center Telkomsel. PT BESTPRO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar