Senin, 06 Maret 2017

Gusi Sering Berdarah Saat Sikat Gigi? Mungkin Ini Sebabnya


Bestprofit Futures Medan

Jakarta, Menyikat gigi merupakan salah satu cara membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Namun, saat menyikat gigi, ada beberapa orang yang mengalami gusi berdarah.Kenapa ya?

Menurut drg Felicia Melati SpKGA, gusi berdarah saat menyikat gigi merupakan tanda adanya infeksi pada gusi. Infeksi tersebut merupakan masalah dari bakteri pada gigi.

"Kalau infeksi sistem tubuh biasanya langsung mengirim sel darah putih ke sana (gusi) untuk melawannya. Jadi pembuluh darah melebar dan menipis juga jadi kena sikat gigi akan berdarah," jelas drg Mela di sela-sela acara Bamed Dental Care beberapa waktu lalu.

Nah, drg Mela menjelaskan, penyebab infeksi yang biasa menyebabkan gusi berada adalah adanya karang gigi. Sementara itu, karang gigi tidak dapat dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi saja, namun harus dengan alat tertentu di dokter gigi.

Dilansir Men's Health beberapa waktu lalu, penyebab gusi berdarah yang lain adalah gingivitis atau radang pada gusi. Kondisi ini biasanya muncul akibat adanya penumpukan plak dan bakteri yang secara alami terbentuk di sekitar gigi dari bakteri, ludah dan sisa makanan.


Akibatnya, gusi pun menjadi bengkak dan infeksi. Saat tertekan, misalnya terdorong oleh sikat saat Anda menyikat gigi, biasanya gusi akan mengeluarkan darah. Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik

Bestprofit Futures Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar