Senin, 05 Desember 2016

Tak Cuma Segar, Makan Stroberi Juga Bantu Turunkan Kolesterol

PT Bestprofit Futures Medan

Jakarta, Selain punya cita rasa yang unik dan segar, buah stroberi rupanya juga punya manfaat bagi kesehatan. Ya, studi mengungkap buah ini dapat membantu menurunkan kolesterol.

Demikian disampaikan oleh para peneliti dari Università Politecnica delle Marche (UNIVPM, Italia) dan Universities of Salamanca, Granada, Seville (Spanyol), dan dikutip dari News Max Health.

Dalam studi ini, peneliti melibatkan sekitar 23 responden. Sebelum diteliti, dilakukan pemeriksaan darah pada seluruh responden untuk perbandingan darah. Setelah diberi diet dengan tambahan stroberi setiap harinya, hasil pemeriksaan memperlihatkan bahwa jumlah total kolesterol, kadar lipoprotein low-density (LDL atau kolesterol jahat) dan jumlah trigliserida responden turun 8,78 persen, 13,72 persen dan 20,8 persen. Sementara itu, kadar high density lipoprotein (HDL atau kolesterol baik) tetap tidak berubah.


Selain itu, konsumsi rutin stroberi juga meningkatkan parameter lain seperti profil lipid plasma umum, biomarker antioksidan seperti vitamin C dan fungsi trombosit. Semua parameter ini kembali ke nilai awal mereka sekitar 15 hari setelah responden tak lagi mengonsumsi stroberi secara rutin.

"Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa stroberi adalah antioksidan yang kuat, tapi ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa stroberi dapat menstabilkan kadar kolesterol dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung serta pembuluh darah," tutur peneliti Maurizio Battino dari UNIVPM.


Dalam penelitian lain, ditemukan bahwa konsumsi stroberi juga melindungi terhadap radiasi ultraviolet, memperkuat sel darah merah, dan meningkatkan kapasitas antioksidan darah. Para peneliti meyakini efek positif ini muncul ini adalah karena kandungan pigmen merah anthocyanin pada stroberi. PT Bestprofit Futures Medan

Sumber oleh : health.detik.com

Bestprofit Futures Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar